Pages

Pengertian dan Kategori Media Pembelajaran


Hallo sahabat maya semuanya. Bagaimana kabar kalian hari ini? Tetap semangat pastinya. Baik, pada pertemuan kali ini yang akan kita bahas yaitu tentang media pembelajaran. Nantinya sahabat semuanya akan kami suguhkan apa itu pengertian media pembelajaran dan juga mengenai yang termasuk kategori utama dalam media pembelajaran.
        Pembaca yang budiman, pernahkan sahabat semuanya memiliki mainan robot-robotan, boneka, atau mobil-mobilan waktu kecil? Pernahkah kalian memiliki buku paket sewaktu di sekolah? Pernahkah sahabat semuanya menonton acara televisi? Dan masih banyak lagi pernahkah yang lain. Saya yakin, semua yang saya tanyakan tadi pasti jawabannya, ya. Karena itu hanya saya gunakan sebagai retorika saya saja utuk pembaca semuanya. Akan tetapi, pembaca yang budiman tidak perlu marah kepada saya. Karena itu semualah salah satu yang akan kita bahas di sini.
        Sahabat semuanya, tahukah kalian asal dari kata ‘media’? Media berasal dari bahasa latin medium, yang maknanya ialah perantara atau pengantar. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai pengantar pesan atau informasi. Tujuan dari media itu sendiri ialah memfasilitasi komunikasi dan pembelajaran.
        Terdapat enam kategori utama dalam media pembelajaran. Yaitu media teks, audio, visual, video, manipulasi, dan media berupa orang.
Media teks merupakan segala bentuk yang berupa teks untuk pembelajaran. Misal buku, modul dan lain-lain.


Media audio merupakan sesuatu yang dapat kita dengar untuk pembelajaran. Dalam hai ini misal musik, suara orang, radio, dan lain-lain.


Media visual adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gambar untuk pembelajaran. Misal poster, kartun, karikatur, diagram, peta, dan lain-lain.


Media video merupakan media pembelajaran yang berupa gambar bergerak.


Media manipulasi merupakan media pembelajaran yang berupa tiga dimensi dan dapat disentuh. Misal alat peraga, mobil-mobilan dan lain-lain.


Media keenam berupa orang. Misal guru, dosen, teman, dan lain-lain.


        Itulah tadi keenam media utama yang sering kita jumpai dalam kegiatan pembelajaran. Dan tentunya sahabat maya sekalian masih dapat menyebutkan banyak lagi contohnya.
        Masing-masing media mempunyai kelebihan dan kelemahan sendiri-sendiri. Maka dari itu peran pendidik dalam memilih dan memilah media untuk peserta didiknya dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik.
        Sekarang pembaca yang budiman sudah paham tentang pengertian serta kategori utama media bukan? Berarti pada kesempatan yang akan datang kita bisa melanjutkan bahasan kita ke topik yang lain.
        Selamat belajar sepanjang hayat untuk sahabat maya semuanya, dan sampai ketemu lagi! (Burhan)