Pages

Hasil Presentasi Mata Kuliah Pendidikan Komparatif

Hasil jalannya presentasi kelompok 1 mata kuliah Pendidikan Komparatif
Hari/tgl           : Senin, 3 Oktober 2011
Tempat            : Lab. TP, FIP, UNY
Waktu              : 07.15-08.45 WIB
Moderator      : Burhanuddin Anshory           (10105241005)
Penyaji                        : Sholeh Ismail Wais    (10105241030)
                          Erwin Setyo Utomo   (10105241031)
                          Ananda Yoga P          (10105241033)
                          Andhika Pradana       (10105241034)
Tema               : Kaitan antara Pendidikan Komparatif, Pendidikan Internasional, dan Pendidikan     Global
Penanya          : Maya Dikiria                         (10105241025)
                        Bagaimana membekali siswa dalam memasuki era globalisasi dengan tidak meninggalkan ke-Indonesiaannya?
                        Penyaji menjelaskan bahwa untuk membekali siswa dalam memasuki era globalisasi kita harus menginternalisasikan tradisi-tradisi di setiap daerah kita di Indonesia. Kita jadikan tradisi ini sebagai keunggulan yang tidak dimiliki bangsa lain. Sehingga nantinya ini akan menjadikan ikon unggulan Indonesia di kancah internasional.
                        Renny Natalia R         (10105241026)
                        Sejak sekolah internasional masuk Indonesia, budaya Indonesia dengan perlahan pun luntur. Adakah solusi mengenai hal tersebut?
                        Seharusnya kita mengambil manfaat yang baik saja dari masuknya sekolah internasional ini. Kita serap ilmunya. Sehingga nantinya lebih berpikiran terbuka. Tanpa harus meninggalkan budaya Indonesia itu sendiri.
                        Yulita Suryantari       (10105241028)
                        Kenapa keuntungan dari pendidikan komparatif hanya dapat ilmu pengetahuan saja, tanpa sedikitpun ilmu terapan?
                        Hal ini sebenarnya merupakan kelemahan kita. Kesadaran masyarakat kita akan pentingnya sebuah ilmu masih sangat rendah. Sebenarnya banyak sekali ilmu terapan apabila kita pandai menggali.
                        Perdana Linda                        (10105241024)
                        Apakah pendidikan Indonesia sudah mencapai pendidikan komparatif secara merata?
                        Belum. Adanya kelemahan-kelemahan serta keterbatasan di Indonesia menyebabkan pendidikan komparatif belum sepenuhnya di Indonesia. Untuk mencapai hal itu, kita harus mengikuti tiga proses yakni komparasi-internasional-global.
                        Umi Masyithoh          (10105241036)
                        Pendidikan komparatif yakni untuk menuju pendidikan global. Apakah ada standar pencapaiannya?
                        Sudah barang tentu ada standar pencapaiannya. Yakni dari pendidik maupun peserta didik nantinya harus berwawasan luas, berkeahlian, dan juga profesional.
                        Edo Ihzandy               (10105241002)
                        Apakah masyarakat Indonesia sudah komparatif?
                        Belum. Dan ini merupakan sebuah proses panjang untuk Indonesia. Tentunya semua yang di sini juga harus turut mensukseskan Indonesia menuju komparatif.