Pages

Kelebihan dan Kekurangan Presentasi




Hai-hai-hai sahabat maya semuanya! Sudah belajar apakah kalian hari ini? Sudah mandi belum? Sudah makan belum? Hehe.. O ya kawan, saya baru saja presentasi untuk salah satu mata kuliah nihh. Nah, di pikiran saya sedikit (mengganjal) sesuatu yang ingin saya share-kan. Apa itu? Yakni tentang strategi pembelajaran presentasi. (Mentang-mentang baru presentasi saja). Sahabat semua tahu tidak tentang apa itu presentasi? Apa saja sih sebenarnya keuntungan dan kelemahannya dalam pembelajaran? Kalau kalian belum ataupun sudah tahu dan ingin (harus) mempelajari lebih lanjut, mari ikuti terus postingan saya. Yuuk..
Presentasi adalah salah satu strategi pembelajaran yang terdapat penyaji yang menyampaikan materi di depan kepada audience menggunakan media tertentu. Media yang biasa digunakan antara lain LCD, poster, peta, dan lain-lain.
Dalam strategi presentasi, peserta didik umumnya memegang sebuah handout dari penyaji yang berisi materi yang disampaikan. Pihak penyaji akan menampilkan poin-poin materi melalui media yang digunakannya. Sedang untuk setting tempat bisa disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Apakah dengan penyaji di depan, tengah, ataupun yang lainnya.
Adapun kelebihan dan kekurangan pada media ini, kita akan bahas berikut.
Kelebihan:
-      Cukup menyampaikan materi satu kali saja. Hal ini karena dalam satu kali presentasi, peserta didik secara menyeluruh akan mudah memperhatikan.
-      Bahan materi yang disampaikan bisa digunakan lain waktu. Misal guru yang mempresentasikan materi bisa mengguakannya untuk di kelas lain.
-      Lebih menarik. Hal ini karena teknologi dan media yang digunakan dalam presentasi dapat menyajikan materi secara beragam.
-      Peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. Selain yang presentasi si peserta didik kepada teman-temannya sehinngga siswa aktif, juga dapat merangsang diskusi secara aktif antara penyaji dengan audience.
Kelemahan:
-      Sulit diterapkan untuk beberapa siswa. Tidak semua peserta didik mampu dan berani mempresentasikan di depan dengan baik. Selain itu, tidak semua peserta didik mampu berdiskusi setelah presentasi disampaikan.
-      Berpotensi membosankan bagi beberapa siswa. Bagi siswa yang kurang mampu berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran ini, akan terasa sangat membosankan.
-      Membutuhkan persiapan lebih. Penyaji harus mempersiapkan secara lebih untuk menampilkan materi yang baik untuk di sampaikan.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan dalam strategi presentasi ini, hendaknya pendidik dapat mengarahkan bagaimana yang terbaik untuk peserta didiknya. Tidak ada media yang cocok untuk segala macam pembelajaran.
Nah sekarang bagaimana sahabat? Sudah ada gambaran begaimana kelebihan dan kekurangan presentasi bukan? OK, sekarang kita bersambung dulu sampai di sini. Lain waktu bila ada umur panjang kita lanjut lagi postingnya.
Terima kasih pastisipasi pembaca semuanya. Salam! (Burhan)