Memang cara belajar ini merupakan kecenderungan yang sangat individual, namun dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok besar yaitu : visual, auditori dan kinestetik. di bawah ini diberikan beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk masing – masing cara belajar tersebut.

Strategi Untuk Cara Belajar Visual
  • Ciptakan memori visual dari bahan – bahan yang ada dengan menandai gagasan – gagasan penting (termasuk persamaan matematika) dengan warna berbeda.
  • Sediakan waktu untuk memvisualkan gambar, grafik dan informasi tercetak.
  • Ciptakan “film dalam pikiran kita” mengenai bahan yang kita pelajari, bayangkan kita menggunakan memori visual seperti pemetaan visual, hierarki dan grafik perbandingan untuk menggambarkan bahan yang kita pelajari.
  • Perkuat cattan kita atau alat bantu belajar kita dengan memberi warna dan gambar.
  • Bila kita termasuk orang yang mudah mengingat tulisan sendiri, buatlah catatan sendiri. Latihlah untuk memvisualisasikan apa yang kita tulis.
  • Selalu siap dengan pulpen dan kertas catatan untuk mencatat.
Strategi Untuk Cara Belajar Auditori
  • Berbicaralah yang keras untuk menerangkan informasi baru, menyatakan pendapat atau menyatakan kembali suatu pernyataan pada saat kita belajar.
  • Lakukan pengulangan dengan berbicara keras dengan cukups erring. Buatlah kalimat lengkap dengan kata – kata sendiri.
  • Bacalah dengan suara keras.
  • Bentuklah kelompok belajar, sehingga kita dapat bertanya, dan berlatih menjawab pertanyaan yang berarti menyampaikan pemahaman kita secara lisan.
  • Bila mengikuti kuliah, fokuslah untuk memperhatikan dosen.
  • Terangkan secara lisan apa yang kita pelajari kepada seorang yang imajiner. Penjelasan lisan ini merupakan umpan balik terhadap tingkat pemahaman kita.
  • Ciptakan nada – nada lagu untuk mengingat informasi tertentu.
Strategi Untuk Cara Belajar Kinestetik
  • Bila kita belajar tentang suatu benda atau mesin, pergilah ke laboratorium dan pelajari dengan seksama sambil secara fisik kita pegang.
  • Gunakan computer untuk mengetikkan informasi yang kita pelajari, karena pada waktu mengetik kita menggunaka keterampilan motorik halus dan memori otot.
  • Bila kita sedang mengulang informasi, katakana dengan keras sambil berjalan. Bagi sebagian orang berjalan dengan bahan belajar di tangan akan membantu memproses informasi.
Gunakan kertas ukuran lebar (bila mungkin poster) untuk menggambar grafik, hierarki dan lain – lain.
sumber : Strategi Sukses Di Kampus, oleh Dr. Ichsan S. Putra. Ariyanti Pratiwi, S.Si.
Peta Belajar Sukses
 



Sumber: http://semangatbelajar.com/cara-belajar-berdasarkan-cara-penerimaan-informasi/